PROJECT-BASED LEARNING MELALUI PERANCANGAN MODEL BISNIS KANVAS DALAM PEMBELAJARAN PHARMAPRENEURSHIP DI STFB

  • Kosasih Kosasih Sekolah Tinggi Farmasi Bandung
  • Deden Indra Dinata Sekolah Tinggi Farmasi Bandung
  • Oktri Muhammad Firdaus Universitas Widyatama
  • Achmad Fadjar Universitas Widyatama

Abstract

Salah satu model pembelajaran entrepreneurship di bidang farmasi yang dapat membentuk karakter dan penguasaan konsep serta  keterampilan  entrepreneurship ialah model project-based learning. Model ini melibatkan mahasiswa dalam  kegiatan pemecahan masalah dengan memberi peluang bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri, dan puncaknya menghasilkan produk karya mahasiswa bernilai dan realistik. Model bisnis kanvas digunakan untuk menggambarkan bisnis proses secara  sistematis untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategi bisnisnya.


 Penelitian eksperimen dengan pre test-post test control group design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  implementasi metode pembelajaran project-based Learning  melalui penggunaan model bisnis kanvas dalam pembelajaran pharmapreneurship di STFB.


Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh  uji korelasi yang digunakan, terlihat bahwa korelasi antara penggunaan model bisnis kanvas  dan project-based learning korelasinya kuat, signifikan dan searah. Demikian juga hubungan antara project-based learning melalui penggunaan model bisnis kanvas dengan pembelajaran entrepreneurship memperlihatkan skor nilai yang sempurna sehingga korelasinya sangat kuat.


 Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model project-based learning menuntut kemampuan peserta didik untuk dapat mengelola kegiatan dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dari kegiatannya dan penggunaan model bisnis kanvas cukup mendukung kegiatan pembelajaran pharmapreneurship. Metode ini hendaknya di lakukan dengan  porsi yang cukup agar mahasiswa semakin terlatih dalam membangun dan mengembangkan rencana bisnisnya.

References

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Schoolpreneurship: Membangkitkan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
BPS. (2018). Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia . Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia
Covello, J. A., & Hazelgren, B. J. (2004). The Complete Book Of Business Plans. Batam: Interaksara
Creswell, J. W. (2010). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan MIxed. yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Forum, W. E. (2011). The Indonesia Competitiveness Report. Geneva: World Economic Forum
Hendro. (2011). Be A Smart & Good Entrepreneur. Yogyakarta: Media Pressindo.
Khamdi, W. (2007, September). Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. Dipetik Agustus 2018, dari Lubisgrafura.wordpress.com: http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/23/pembelajaran-berbasis-proyek-model-potensial-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran/
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2016). Business Model Generation. New Jersey: John Willey & Son, Inc.
Permana, D. J. (2013). Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Faktor Exacta ISSN: 1979-276X , 309-319.
Pratami, N. C., & Wijaya, P. (2016). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen di Denpasar. Jurnal Sistem dan Informatika , 77-85
PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: PPM
Pusat Kurikulum (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Mmbentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2004). Memahami Karakteristik Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Published
2018-09-18
How to Cite
KOSASIH, Kosasih et al. PROJECT-BASED LEARNING MELALUI PERANCANGAN MODEL BISNIS KANVAS DALAM PEMBELAJARAN PHARMAPRENEURSHIP DI STFB. JURNAL FARMASI GALENIKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 91-102, sep. 2018. ISSN 2579-4469. Available at: <http://apoteker.stfb.ac.id/index.php/jfg/article/view/117>. Date accessed: 12 oct. 2018.